Kamis, 20 Juni 2019

Cara Mengetik 10 Jari Untuk Pemula [Beserta Gambar]

Cara Mengetik Cepat 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard - Dengan memiliki skill mengetik cepat tanpa melihat keyboard, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Terlebih sekarang kita hidup di era perkembangan teknologi komputerisasi yang semakin pesat. Apalagi jika kita berada di lingkungan yang berkaitan dengan komputer seperti halnya penulis, blogger, eksekutif, mahasiswa dalam mengerjakan laporan, skripsi, karya tulis, dll. Kita bisa lebih cepat menyelesaikan deadline yang kadang menumpuk, blogger lebih cepat mempublikasikan dalam jumlah banyak, tugas pelajar atau mahasiswa juga lebih cepat selesai.

Dan yang paling penting, skill mengetik cepat tanpa melihat keyboard dapat menambah percaya diri kita lho, menambah kadar kecantikan atau kegantengan juga, hehe. Tapi serius bisa mengetik 10 jari itu keren. Bayangkan saja jari kesepuluh kita berirama dengan cepat sedemikian rupa tanpa melihat keyboard.

Sayangnya, tidak semua orang menguasai skill ini. Sama halnya dengan skill lain, mengetik 10 jari juga dapat dikuasai oleh semua orang, asalkan orangnya ada kemauan untuk berlatih, praktik, dan tau cara belajar mengetik 10 jari dengan teknik yang benar. Maka dari itu, di artikel ini akan berbagi cara dan tipsnya cara mengetik 10 jari dengan benar.

1. Posisi duduk yang baik dan benar saat mengetik 10 jari


Cara Mengetik 10 Jari Untuk Pemula [Beserta Gambar]

Sebelum masuk pada panduan belajar mengetik 10 jari, perlu diperhatikan mengenai posisi duduknya saat mengetik. Posisi tubuh yang baik dan benar adalah dengan duduk tegak dan pandangan lurus ke arah layar. Posisi duduk saat mengetik 10 jari sering kali dihiraukan. Padahal hal ini berakibat fat al pada kesehatan tubuh jika terus menerus dengan posisi yang salah, bisa cepat pegal, tulang belakang bisa bermasalah. Maka dari itu, mari perbaiki posisi duduk saat mengetik.

2. Pelajari penempatan posisi / letak jari pada keyboard


Tahapan ini adalah pondasi untuk menguasai mengetik 10 jari. Jika tahap ini sudah benar, maka ke depannya dapat mudah dan cepat menguasai skill. Berikut adalah posisi dan letak jari pada keyboard yang harus dipelajari.

cara cepat mengetik 10 jari

 Masing – masing jari memiliki tugas, baik jari di tangan kanan maupun kiri. Posisi basic sebelum mulai mengetik adalah pada tuts huruf  ASDF JKL;

Jika diperhatikan, pada keyboard ada dua tuts huruf yang berbeda dengan tuts huruf lainnya. Kedua huruf tersebut adalah f dan j , f untuk telunjuk kiri, dan j untuk telunjuk kanan.  Keduanya memiliki sedikit guratan / benjolan seperti  pada gambar berikut.
cara mengetik dengan cepat


 



Hampir pada semua jenis keyboard pasti kedua huruf tersebut memiliki benjolan seperti itu. Tidak percaya? Silahkan cek keyboardmu sekarang!. Hal ini dibuat bukan tanpa tujuan. Benjolan pada dua huruf tersebut berfungsi untuk patokan penempatan posisi / letak jari pada keyboard.

Jadi, meskipun mata kita dalam keadaan tertutup atau merem, kita bisa langsung menempatkan jari kita ke posisi basic sebelum mulai mengetik dengan meraba benjolan tersebut, untuk huruf basic lainnya bisa langsung mengikuti. Prinsip inilah yang perlu kalian ingat agar bisa mengetik 10 jari dengan cepat dan mudah. Jadi setelah kita berganti ke tombol manapun kita dengan sendirinya bisa kembali ke kedua tombol dan posisi basic mengetik secara refleks.

Berikut adalah tugas dan bagian masing-masing jari pada keyboard
Untuk jari-jari pada tangan Kiri,
Telunjuk               : f, r, v, c,  g, b, t, 4, dan 5
Jari tengah            : d, e, 3, dan x
Jari manis             : s, w, dan 2
Kelingking           : a, q, 1, z, capslock, shift, tab, ctrl, dan windows
Ibu jari                  : spasi

Untuk jari-jari pada tangan kanan,
Telunjuk               : j, m, n, u, y, h, 6, dan 7
Jari tengah            : k, i, koma, 8, dan <
Jari manis            : l, titik, >,  o, alt, buka kurung, 9
Kelingking           : ; / p ’ [ - shift dll
Ibu jari                  : spasi

3. Menggunakan teks latihan


Setelah mempelajari penempatan posisi dan letak jari yang benar pada keyboard, maka lakukan latihan pembiasaan refleks jari. Bagi kamu yang memang baru benar-benar belajar, wajib hukumnya melakukan latihan ini. Tujuannya untuk melatih otot-otot jari sehingga terbiasa dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat, tetaplah berpedoman pada patokan F dan J yang telah disebutkan, tetap pada posisi basic (ASDFJKL;).
cara mengetik 10 jari tanpa melihat keyboard

Mulailah mengetik dengan huruf yang sedemikian rupa diatur untuk dapat melancarkan ingatan jari-jari tangan kalian. Bisa didownload format teks penguasaan setiap tombol di keyboard yang perlu diketik untuk memperlancar gerakan jari, downlod disini.

Nah, itulah tadi uraian tentang Cara Belajar Mengetik 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard Dengan Cepat Untuk Pemula. Untuk menguasai sebuah skill maka tidak cukup jika cuma sekedar tahu dan menghafal teori semata, tapi kita perlu terjun praktik mendalami setiap latihan demi latihan.

Begitupun dengan kemampuan mengetik 10 jari ini, kita harus selalu berlatih dan membiasakan diri menggunakan setiap jari sesuai letaknya. Di awal mungkin akan terasa berat, tapi setelah terbiasa justru akan sangat meringankan pekerjaan kita. Tanpa disadari, jari-jari kalian nantinya seolah olah mempunyai mata sendiri yang bisa dengan cekatannya melihat dan refleks menekan tuts huruf yang diinginkan.

Jadi teruslah semangat berlatih, kemampuan mengetik cepat sangat mungkin dikuasai oleh siapa saja yang mau belajar. semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog FHXploit Bantu kami mengembangkan Channel Youtube dengan Subscribe di Channel FHXploit. Dan Jangan lupa terus kunjungi www.fhxploit.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Klik Untuk BerKomentar

0 komentar

Paling Populer

Entri yang Diunggulkan

Cara Connecting Wifi Lewat Cmd

Hallo fhxploit fams! Kembali lagi bertemu dengan saya di blog fhxploit. Pada kesempatan kali ini, sesuai judul yang sudah terlihat diatas.....