Minggu, 06 Oktober 2019

Cara Install PRoot/Fake Root di Termux

tidak jarang ketika kita ingin mencoba menjalankan script di termux kita terhalang oleh akses root yang tidak kita miliki di termux kita, itu tentu saja di sebabkan karena android kita belum di root sehingga aplikasi termux kita tidak bisa mendapatkan hak akses super user, alhasil kita tidak bisa menjalankan tool yang membutuhkan akses root di termux.

kebanyakan orang tidak melakukan rooting di hp mereka mungkin karena androidnya terlalu aman sehinggal susah di root ataupun takut di root karena hp masih baru yang bisa menyebabkan garansi hp hilang, sebenarnya ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah ini seperti menginstall OS Linux langsung di aplikasi termux sehingga kalian bisa mendapatkan akses root langsung dari OS nya, tetapi menurut saya ini tidak di sarankan untuk kalian yang mempunyai memori internal kecil karena membutuhkan disk space yang tidak sedikit.

tetapi tenang saja kalian tentu masih bisa menjalankan script yang membutuhkan akses root dengan menggunakan paket tambahan yaitu fakeroot dan proot.

 Apa itu fakeroot/Proot?

fakeroot merupakan aplet tambahan untuk termux yang bisa memberikan ruang lingkup layaknya akses root, proot/fakeroot memang di tunjukan untuk perangkat yang belum di root agar bisa menjalankan script/tool yang membutuhkan akses root untuk bekerja, tentu saja fakeroot mungkin tidak bisa meemberikan akses root sepenuhnya karena bekerja seperti emulator root di termux jadi yang mendapatkan akses root hanyalah aplikasi termux dan tidak bisa di gunakan oleh aplikasi lain.

meskipun begitu, fakeroot ini sudah sangat membantu saya untuk menjalankan beberapa tool di termux karena kita tidak usah repot-repot untuk me-root hp android, kita masih bisa menjalankan script dengan semestinya, baiklah langsung saja kita masuk ke tahap penginstalan dan penggunaanya.

Cara Install FakeRoot di Termux


sebelum menginstall fakerootnya seperti biasa pastikan aplet yang kalian miliki dalam keadaan terbaru.

apt update && apt upgrade


karena package fakeroot sudah tersedia di repository termux kita tidak perlu cloning dari github, kalian cukup mengetikan

pkg install fakeroot


setelah proses installasi selesai kalian bisa langsung menggunakanya, dengan menjalankan perintah

fakeroot


beberapa pengguna memiliki masalah ketika menjalankan fakeroot, sering kali mereka mendapatkan perintah seperti

cara install fakeroot termux

jadi jika kalian mendapatkan masalah yang sama, sebaiknya kalian menggunakan alternatif dari fakeroot yaitu PRoot, mari kita bahas lebih lanjut cekidot..

Cara Install PRoot


sama seperti fakeroot, PRoot juga sudah tersedia di repository termux jadi kalian bisa langsung menginstallnya dengan mengetikan perintah

pkg install proot


untuk menggunakan proot kalian bisa menjalankan perintah

proot -0 $(which bash)


Penjelasan :

  • -0 : berarti merubah atau membuat identitas palsu yaitu root
  • $(which bash) : script bash untuk mencari posisi bash shell, karena defaultnya shell PRoot menggunakan shell sh bukan bash

Cara Cek Akses Root Di Termux


untuk mengecek cara di atas berhasil atau tidak tentu saja kalian harus mengenalinya
secara umum jika tanda $ sudah berganti menjadi tanda # itu berarti kalian sudah menggunakan hak akses root, atau kalian bisa langsung mengeceknya dengan perintah

whoami


nanti akan keluar profil terminal yang sedang kalian gunakan, jika berupa root maka kalian sudah berhasil menjalankan script fakeroot di termux.

cara root hp dengan termux

demikian postingan cara mendapatkan akses root di termux semoga bermanfaat dan seperti biasa sampai jumpa di postingan berikutnya.

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog FHXploit Bantu kami mengembangkan Channel Youtube dengan Subscribe di Channel FHXploit. Dan Jangan lupa terus kunjungi www.fhxploit.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Klik Untuk BerKomentar

0 komentar

Paling Populer

Entri yang Diunggulkan

3 Cara Merubah Tampilan Terminal Linux Lengkap

selamat datang kembali sobat bazengers di blog FHXploit! di postingan kali ini saya akan kembali untuk membawakan tutorial seputar linux...