Sabtu, 10 Agustus 2019

Cara Menghapus File Temporary Photoshop

Cara Menghapus File Temporary Photoshop - Tanpa kita sadari Adobe Photoshop banyak menggunakan ruang di harddisk kita. File itu berupa gambar yang kita edit atau file yang sengaja kita simpan dan sebagian juga adalah file cache atau file sementara yang dihasilkan oleh aplikasi ini. File cache yang kita kira sementara ternyata tidak walaupun program aplikasi ini kita tutup namun file ini tetap akan memenuhi harddisk kita. Sangking banyaknya bisa sampai ber-gigabyte.

Cara Menghapus File Temporary Photoshop


Adobe Photoshop adalah aplikasi pengolah gambar (desain grafis) yang file installannya kurang lebih 1,6 GB Cukup besar bukan? belum lagi jika kita menggunakan yang master bisa sampai 8 Gb an.
Itu hanya file Installannya belum dengan file temp / cache nya yang dihasilkan aplikasi ini. Kabar buruknya adalah program tidak memberikan indikasi seberapa banyak file temp yang menumpuk dan tidak menunjukkan lokasi file temp ini. Jadi teman-teman harus mencari lokasi / tempat file temp ini secara manual, karena jika dibiarkan akan berdampak ke penyimpanan mu yah.

Apa Itu File Temporary  ?

File Temporary atau biasa disebut file temp merupakan file yang sifatnya sementara. File ini akan tersimpan secara otomatis ketika sedang menjalankan program aplikasi dan akan terhapus setelah menutup dan Photoshop merupakan aplikasi dengan data besar sekaligus ketika digunakan, dengan demikian perlu adanya file temp untuk membantu kinerja dari aplikasi ini karena tidak semua data dapat disimpan di memori internal PC/laptop.

Contoh lain dari fungsi file temp adalah ketika photoshop kamu not responding maka secara otomatis program akan membuat file tersebut untuk dijadikan backup data yang sedang kamu olah. Mungkin temen-temen sering ngalamin aplikasinya not responding (nge-lag) dan beberapa menit kemudian pulih kembali dengan keadaan sama seperti sebelum nge-lag, Nah itu salahsatu fungsi dari file temp ya.

Karena photoshop kurang bagus di menagement data nya dan akhirnya file temp itu numpuk di penyimpanan. Ga mau banget kan hardisk kita penuh sama file yang udah ga kepake lagi. Oleh karena itu kita mesti banget ngehapus itu file.

Gimana sih, Cara hapus File Temporary? 

File Temporary ini berada di direktori / folder   C:\User \ Nama user anda \ App Data \  Local \ Temp .
Oke, Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menutup semua tab atau file yang sedang kita edit dan simpan jika belum disimpan.

cara menghapus cache photoshop


Kita menggunakan cara cepat untuk masuk ke file temp kalau temen-temen masih bingung tempat / lokasi file temp nya ini, yaitu dengan menekan secara bersamaan button windows dan R di keyboard laptop atau PC anda. Ini akan memberi perintah untuk mencari di command prompt.

cara menghapus cache di laptop windows 10


Masukkan perintah %temp% di kolom pencarian command prompt. lalu pilih OK

cara membersihkan local disk c windows 10


gambar jendela di tampilan file explorer

dampak menghapus temporary files

Adapun cara manual nya dengan menuliskan lokasi file temp di pencarian file explorer secara merinci. Kita tuliskan lokasi filenya seperti ini.
C:\User \ Nama user anda \ App Data \  Local \ Temp 
Untuk contoh di laptop saya C:\User \ admin \ App Data \  Local \ Temp  lalu Enter


cara menghapus scratch disk photoshop


Hapus filenya di recylce bin klik yes


cara menghapus file sampah

Oke, ini free space (ruang kosong) sebelum menghapus file temp

temp photoshop files

Dan ini free space setelah menghapus file temp

temp photoshop files windows 7

Setelah ini temen-temen rajin yah hapus file temp nya , biar ngga numpuk di penyimpanan.
Selamat Mencoba. Salam Manfaat !!!

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog FHXploit Bantu kami mengembangkan Channel Youtube dengan Subscribe di Channel FHXploit. Dan Jangan lupa terus kunjungi www.fhxploit.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Klik Untuk BerKomentar

0 komentar

Paling Populer

Entri yang Diunggulkan

3 Cara Merubah Tampilan Terminal Linux Lengkap

selamat datang kembali sobat bazengers di blog FHXploit! di postingan kali ini saya akan kembali untuk membawakan tutorial seputar linux...