Jumat, 12 Juli 2019

4 Hal Dasar yang Wajib dikuasai Oleh Pengguna CorelDraw

4 Hal Dasar yang Wajib dikuasai Oleh Pengguna Coreldraw - Coreldraw adalah sebuah drawing software yang sangat populer yang serba guna dan dimanfaatkan oleh para desainer dari berbagai aliran seperti seni murni, desain logo, desain ikon dan karakter, desain poster, brosur, kartu nama, cover buku dan sebagainya. Corel draw digemari oleh desainer cetak karena memiliki palet warna yang mendekati warna yang dihasilkan oleh mesin cetak. Menggunakan corel draw merupakan tantangan tersendiri. Jika sudah mahir menggunakan corel draw, hal ini dapat digunakan untuk menghasilkan uang bisa dengan membuka usaha jasa desain grafis, atau percetakan, dan sebagainya.  Jika sudah mempunyai usaha-usaha tersebut, dalam menggunakan corel draw pasti membutuhkan waktu yang efektif agar deadline cepat selesai. Untuk mengatasi hal tersebut, artikel ini akan membagikan hal-hal dasar atau basic yang dapat mempersingkat waktu dalam menggunakan corel draw yang jarang diketahui oleh banyak orang.

4 Hal Dasar yang Wajib dikuasai Oleh Pengguna Coreldraw


1. Membuat rectangle tool langsung pas dengan ukuran halaman kertas

Umumnya, untuk membuat rectangle tool pas dengan ukurang halaman caranya dengan drag and drop manual dari pojok kertas kiri atas ke pojok kertas kanan bawah. Namun dengan cara demikian, kemungkinan besar hasilnya tidak benar-benar pas dengan ukuran kertas, bisa lebih atau kurang, dan membutuhkan waktu yang lama agar sampai pas dengan kertas. Sebenarnya ada cara praktis yang bisa dilakukan untuk hal tersebut, yaitu dengan double klik pada tool rectangle :
Hal-hal Basic Pada Coreldraw yang Jarang diketahui

Setelah double klik pada rectangle tool, otomatis langsung muncul rectangle yang sudah pas dengan ukuran kertas :
cara menggunakan corel draw x7

Nah, mulai sekarang jangan ribet-ribet lagi ya, cukup dengan double klik bisa langsung jadi. Selamat mencoba.
2. Membuat objek auto presisi

Biasanya membuat objek di corel draw pasti dengan menggunakan drag and drop. Misalnya dengan membuat ellipse tool, sangat susah jika hanya menggunakan drag and drop padahal ingin hasilnya benar-benar lingkaran bulat. Dengan hanya menggunakan drag and drop hasilnya bisa lonjong, bukan lingkaran bulat. Saya punya solusinya, jadi selama objek di drag atau diseret, saat itu juga tekan tombol Ctrl pada keyboard. Setelah drop, Ctrl boleh dilepas, automatis objek berukuran presisi. Jika objek ellipse, maka jadi automatis tidak lonjong atau lingkaran bulat. Jika objek rectangle maka  jadi automatis kotak persegi, bukan persegi panjang.

3. Membuat ukuran objek selalu presisi

Pasti kalian sering melihat atau mendengar istilah “logo gepeng”, yaitu gambar logo yang tidak presisi ukurannya, terlalu terseret ke atas atau ke samping.
tutorial belajar corel draw x7 untuk pemula
Untuk menghindari hal ini, anda harus selalu menggunakan edit objek yang ada di bagian pojok, bukan di sebelah kanan atau kiri, dan bukan di atas atau bawah objek. Sebagai berikut
belajar coreldraw indonesia
Setelah sudah mengatur ukuran besar atau kecilnya logo dengan cara di atas, lalu klick “lock ratio” untuk mengunci presisi objek.

belajar coreldraw 2019



4. Copy objek banyak dengan cepat dan rapi

Jika kita punya desain stiker yang akan di print di kertas A3, apakah kita harus mencopy secara manual dan memindahkannya dengan menggesernya? Itu terlalu lama guys. Hasilnya juga tidak rapi. Ada cara yang lebih cepat dan praktis.
Pertama, import gambar. Tapi saya hanya menggunakan rectangle sebagai contoh. 
belajar coreldraw x7
Kemudian tekan Alt+F7, akan muncul panel sebagai berikut.
belajar corel draw x7 pdf
Kemudian atur posisi pada relative position, klik bagian posisi middle right dan ketik jumlah copies untuk copy banyak rapi ke kanan. Atur posisi dan jumlah copies lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Lalu klik Apply.
cara menggunakan corel draw x7 bagi pemula
Nah, cepat kan. Mau sebanyak apapun copy-an untuk diprint, tidak perlu lama-lama. Jika ada cara cepat kenapa harus lama? baiklah sekian dari saya semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Terima Kasih Telah mengunjungi Blog FHXploit Bantu kami mengembangkan Channel Youtube dengan Subscribe di Channel FHXploit. Dan Jangan lupa terus kunjungi www.fhxploit.Com untuk melihat Artikel lainnya.
Klik Untuk BerKomentar

0 komentar

Paling Populer

Entri yang Diunggulkan

Pengertian root di OS Linux

Pengertian root di dalam OS Linux adalah sebuah pengguna atau user yang memiliki hak akses tertinggi di dalam OS linux tersebut, Biasanya s...